Siswi SMA MTA Meraih Juara 1 Lomba Murattal Al-Qur’an

SOLO- Salah satu siswi Sekolah Menengah Atas Majlis Tafsir Al-Qur’an (SMA MTA) Solo kembali menorehkan prestasi di bidang Murottal Al-Qur’an. Siswi yang bernama Syafira Farhana ini mendapatkan predikat juara 1 dalam lomba Murattal Al-Qur’an yang dilaksanakan di SMA Negeri 5 Solo pada, Sabtu (16/05) yang lalu. Lomba yang bertajuk SMALISKA Moslem Competition ini rutin digelar sejak tiga tahun lalu dan diikuti oleh siswa-siswi SMA  Muslim di Solo Raya.
“Juara 1 Lomba murattal Al-Qur’an di SMA N5 Surakarta,” kata siswi kelas X IIS 5.
Syafira, -demikian dia disapa- menceritakan, sejak umur dua tahun dia sudah terlibat dalam kegiatan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) ketika ia tinggal bersama kedua orang tuanya di pulau Bali. Semenjak itu pula, ia mulai belajar membaca dan memahami kandungan isi Al-Qur’an.
“Mulai bisa membaca Al-Qur’an sejak TK O (nol) besar,” ungkap muslimah kelahiran Denpasar, 31 Mei 1999.
Waktu menjadi peserta lomba Murattal Al-Qur’an ia mendapatkan nomor urut 16 dari 17 peserta. Karena mendapatkan nomor urut 16 itu, dia kemudian mengamati dan belajar dari kesalahan setiap peserta yang telah tampil duluan. Sebelum mengikuti lomba, dia melakukan latihan selama dua pekan.
“Latihan selama dua minggu dan tidak makan gorengan,” beber siswi yang memiliki hafalan Al-Qur’an sebanyak 4 juz.
Siswi alumnus SMP MTA Gemolong ini berpesan kepada rekan-rekan sejawatnya yang ingin belajar Murattal Al-Qur’an. Ia berpesan, saat belajar Murattal dan hafalan Al-Qur’an harus ada niat yang kuat dan tulus ikhlas mengharap ridho Allah. Selain itu, harus dibarengi juga dengan usaha dan kerja keras untuk meraihnya.

“Niat. Kalau ada niat pasti bisa. Dibarengi usaha,” pungkas cucu dari pendiri lembaga dakwah yayasan MTA, Alm. Abdullah Thufail Saputro.  [Abdul Wahid]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kaidah Penulisan Arab Melayu

Biografi, Karya, dan Pemikiran Abdul Rauf Al-Singkili

Ringkasan novel Edensor