UNS Dukung Produk Makanan Halal

halal expo UNS

SOLO, Muslimdaily.net – Fakultas Pertanian UNS menyelenggarakan acara Halal Expo selama tiga hari dari Selasa (19/5) hingga Kamis (21/5). Beragam acara diadakan untuk menyemarakkan acara tersebut seperti acara diskusi yang melibatkan MUI Kota Solo, pengusaha kuliner yang memiliki sertifikat Halal dan juga diselenggarakan bazar produk makanan.
Acara Halal Expo itu sendiri merupakan rangkaian dari acara SIFT (Sebelas Maret Islamic Festival).

“Dari setiap fakultas diminta untuk menampilkan acara yang berisi tentang keIslaman. Di Fakultas Pertanian kami mengadakan acara Halal Expo karena sesuai dengan ilmu yang kami miliki yaitu ilmu pertanian dan ilmu teknologi pangan” ujar Aris Setiyono selaku ketua panitia. Kamis (21/5).
Latar belakang diselenggarakannya acara tersebut adalah banyak ditemukan masakan halal di Solo yang bercampur dengan makanan haram sebagai contohnya warung makan-warung makan disitu menyediakan minyak babi. Dengan demikian wajan (penggorengan) nya otomatis menjadi tercampur.
Meski mengadakan stand bazar namun tidak sembarangan produsen makanan boleh berjualan karena panitia sangat ketat dalam menyeleksi makanan yang dihasilkan benar-benar terjamin kehalalannya. Seperti meneliti minyaknya dan bahan dasar dari olahan makanan tersebut.
Harapan dari acara Expo itu sendiri adalah berharap kepada umat Islam harus pandai-pandai memilih makanan. Sebab mengkonsumsi makanan halal merupakan kewajiban dan memiliki tanggung jawab baik di dunia dan di akherat.
Selain itu bagi para pengusaha makanan yang memiliki modal besar diharapkan untuk segera melakukan sertifikasi halal karena Indonesia mayoritas penduduknya adalah Muslim. Sedangkan bagi pengusaha menengah dan kecil diharapkan adanya bantuan dari pemerintah untuk memfasilitasi pengurusan sertifikat halal tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kaidah Penulisan Arab Melayu

Biografi, Karya, dan Pemikiran Abdul Rauf Al-Singkili

Ringkasan novel Edensor