Kembalikan Kraton Surakarta Kepada Tauhid

SOLO, muslimdaily.net- Gusti Puger beserta Projo Kraton Surakarta turut hadir menyambut ribuan umat Islam yang mengikuti Parade Tauhid di Bundaran Gladak, Solo pada, Sabtu (16/05/2015). Beliau datang dengan mengenakan pakaian khas keraton Surakarta.

Saat memberikan orasi, Gusti Puger mengatakan, Kraton Surakarta merupakan kerajaan Islam yang sangat memegang panji Tauhid. Ia meminta dukungan kepada seluruh muslimin untuk bisa mengembalikan keraton Surakarta kepada tauhid dan bebas dari segala kesyirikan.
“Kraton Surakarta adalah kerajaan Islam yang memegang panji tauhid,” tegas pelaksanan tugas (plt) PB XIII.
Umat Islam yang berasal dari 60 organisasi dan elemen masyarakat Islam tersebut mengikuti parade tauhid dengan membentangkan bendera tauhid sepanjang 2,5 km.
Dengan iringan pekik takbir, mereka melakukan long march dari Lapangan Kota Barat menyusuri Jalan Slamet Riyadi dan berakhir di Bundaran Gladag.
Parade Tauhid ini digelar oleh Majlis Ulama Indonesia (MUI) Solo dan Dewan Syariah Kota Solo (DSKS). Acara ini diselenggarakan kali pertamanya untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan.
Turut bergabung dalam barisan parade tersebut antara lain Majelis Tafsir Al-Quran (MTA), Nahdatul Ulama (NU), Muhammadiyah, Forum Silaturahim Guru Muslim Surakarta, berbagai pondok pesantren, serta jamaah masjid di eks karesidenan Surakarta.
Selain long march, mereka juga membacakan ayat suci Al-Quran dan sejumlah ulama menyampaikan tausiyah.
Selain untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan, Parade Tauhid juga diharapkan dapat memperkuat ukhuwah Islamiyah di antara berbagai elemen umat Islam.

[Abdul Wahid]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kaidah Penulisan Arab Melayu

Biografi, Karya, dan Pemikiran Abdul Rauf Al-Singkili

Ringkasan novel Edensor