Penampilan Rapi, Cara Jitu Jurnalis Hadapi Narasumber

JAKARTA, muslimdaily.co – Portal berita Islam online, Muslimdaily.net, adakan acara gathering dan pelatihan jurnalistik untuk regional Jakarta pada, Jumat (5/12/2014) di kawasan Tebet, Jakarta Selatan. Acara yang bertajuk ”Sehari Menjadi Jurnalis bersama Muslimdaily.net” ini diikuti oleh puluhan aktivis MD Comunity yang berasal dari wilayah Solo dan Jakarta.

Tampil sebagai narasumber pertama, Ibnu Syafaat, pada paparannya mengatakan, menjadi seorang penulis itu banyak manfaatnya. Sembari mengutip perkataan imam Al-Ghazali, jika kamu bukan anak seorang raja dan bukan anak seorang ulama.
“Maka jadilah penulis,” ungkap redaktur Suara Hidayatullah.
Ia juga memaparkan bagaimana teknik wawancara yang baik. Menurut Ibnu, ketika seorang jurnalis melakukan wawancara ia harus mencari narasumber yang sesuai dengan bidang ilmunya.
“Harus narasumber yang sesuai dengan kepakarannya,” ungkapnya.
Ketua bidang pendidikan dan pelatihan jurnalis Islam bersatu (JITU) ini juga menyarankan agar seorang jurnalis membuat daftar pertanyaan sebelum melakukan wawancara. Selain itu, membuat kerangka tulisan terlebih dahulu juga dapat menjamin kualitas beritanya.
“Buat pertanyaan dulu sebelum melakukan wawancara,” imbuhnya.
Selain menyusun daftar pertanyaan dan kerangka tulisan. Seorang jurnalis harus berpenampilan rapi agar percaya diri ketika menghadapi narasumber.
“Penampilan rapi bila berhadapan dengan narasumber.” pungkasnya.
[Abdul Wahid]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kaidah Penulisan Arab Melayu

Biografi, Karya, dan Pemikiran Abdul Rauf Al-Singkili

Ringkasan novel Edensor