Pencipta Logo Muktamar NU Dapatkan Hadiah Umroh

Yogyakarta,- Pemenang lomba cipta logo muktamar Nahdlatul Ulama (NU) ke-33 di Jombang, Jawa Timur mendapatkan hadiah paket umroh ke tanah suci pada, Senin (27/07) malam. Hadiah secara simbolis diberikan oleh salah satu ketua PBNU, H Imam Azis, kepada Zamzami Almakki saat acara pembukaan pameran seni rupa “Matja”: Membaca Seni Wali-wali Nusantara”.


Kegiatan pameran seni rupa yang diikuti 50 perupa berlangsung selama tiga hari mulai, Senin-Kamis (27-30/07) di halaman Jogjakarta Nasional Museum (JNM), Yogyakarta. Zamzami berhak mendapatkan hadiah dan ucapan selamat dari dewan juri setelah mengalahkan kontestan lain dalam lomba cipta logo muktamar NU ke-33.

Menurut Zamzami yang dikutip dari laman www.nu.or.id, konsep perancangan logo ini mempertemukan kearifan lokal dan luar. Identitas lokal ditunjukkan dengan dua lingkaran yang merujuk pada motif batik Jombang. Sedangkan yang luar adalah aksara penomoran angka 3 menggunakan aksara Arab.

Permainan bentuk menggunakan unsur retorika visual metafora. Dua angka 3 dalam bahasa Arab diserupakan dengan bentuk tangan yang menengadah dengan maksud berdoa. Penempatan lingkaran berada tepat di tengah angka 3 berwarna merah. Hal tersebut menghindari persepsi visual lainnya yang cenderung menyerupai orang. Pewarnaan merujuk pada pewarnaan khas batik Jombang yang dikategorikan sebagai batik pesisir dengan kecenderungan warna yang cerah dan panas. Pewarnaan ini selain menimbulkan kontras dengan ciri khas NU yang hijau, dimaksudkan memberikan semangat dalam pelaksanaan muktamar.

Perpaduan huruf Serif antara Philoshoper dan Times New Roman ditempatkan persis di bawah logogram. Keseimbangan yang digunakan adalah keseimbangan tersembunyi atau asimetris. Hal tersebut diupayakan agar memberikan kesan dinamis. Perancangan logo ini diharapkan dapat memberikan ‘kebaruan’ dalam NU, mengingat perkembangan logo atau identitas visual pada umumnya sekarang cenderung simple, namun penuh makna.

[Abdul Wahid]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kaidah Penulisan Arab Melayu

Biografi, Karya, dan Pemikiran Abdul Rauf Al-Singkili

Ringkasan novel Edensor