Semangat Muda Perjuangan Belum Usai

Oleh: Abdul Wahid

Berkaca pada catatan sejarah, kita tahu jikalau Indonesia telah memproklamirkan kemerdekaan pada 17 Agustus 1945. Saat itu anak-anak muda bangsa Indonesia memiliki peran yang sangat vital dalam suksesi pembacaan teks proklamasi yang dilakukan oleh Soekarno dan Moh. Hatta. Mereka mampu menculik serta menekan Soekarno dan Moh. Hatta agar segera menyatakan kemerdekaan Indonesia. Lalu, apakah perjuangan anak muda Indonesia saat sudah selesai?


Jawaban singkatnya adalah belum. Sekarang lihatlah rakyat Indonesia yang menjadi petani dan buruh yang hanya diberi gaji kecil untuk menyuburkan tubuh gemuk para penguasa. Mari sebagai anak muda bangsa Indonesia kita bersama-sama membela kaum petani dan buruh agar mereka tidak diperlakukan dengan semena-mena. Tak perlu adu otot dan angkat senjata untuk memperjuangkan mereka. Cukup dengan menulis pemikiran anak muda yang penuh akan semangat revolusioner 


Di dalam buku Semangat Muda, Tan Malaka (1926) mengatakan bahwa Senjatanya Rakyat yang betul revolusioner itu, hanyalah pena, mulut dan tangan saja. Kalau semangat revolusioner sudah betul menjadi darah daging Rakyat melarat, maka semua kepandaian dan senjata itu akan timbul sendirinya. Oleh karena itu, sebagai anak muda yang kaya akan kreatifitas kita harus mampu mengungkapkan dan menyebarkan ide-ide revolusioner dengan menuliskannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kaidah Penulisan Arab Melayu

Biografi, Karya, dan Pemikiran Abdul Rauf Al-Singkili

Ringkasan novel Edensor