Jokowi Datang, Pengunjung SIPA Histeris

Solo-Presiden terpilih Republik Indonesia, Joko Widodo atau biasa disapa Jokowi, menyempatkan diri hadir di gelaran Solo Internasional Performance Art (SIPA) pada, Jumat (12/09) di Benteng Vasternburg, Solo. Pada kesempatan ini, Jokowi menggenakan baju batik lengan panjang hadir didampinggi istrinya, Iriana. Kedatangan mantan Walikota Solo yang tak terduga ini sontak mengegerkan pengunjung SIPA pada malam kedua.

Kehadiran Jokowi beserta istri disambut baik oleh ketua panitia SIPA, Irawati Kusumarastri. Selanjutnya, Irawati mengungkapkan di podium bahwa SIPA merupakan ide Jokowi untuk mengembangkan budaya Indonesia terutama budaya lokal Solo agar dikenal oleh masyarakat. "Event SIPA yang memasuki tahun keenam merupakan ide dan gagasan dari Pak Jokowi," ujar Irawati di atas podium.
Sebelum meninggalkan lokasi pertunjukan SIPA, Jokowi mengungkapkan, tujuan diadakan SIPA ketika ia masih mejadi walikota Solo adalah untuk menyatukan budaya dari berbagai daerah. Selain itu, ia juga berharap agar pelaksanaan SIPA tahun depan bisa lebih besar dan bagus. "Saya berharap ke depan SIPA lebih besar lagi," ungkap pria asli Solo ini.
Pada hari kedua ini, menampilkan seni pertunjukan dari enam delegasi. Yaitu dari Institut Kesenian Jakarta, kolaborasi Stepharina Eva, dan Atiah dari Malaysia. Kemudian dilanjutkan penampilan dari delegasi Singapura Maya Dance Theater, Kumpulan Seni Seri Melayu (KSSM) Riau, Teatro Guindegan Philipina, dan terakhir Sanggar Bintang Kepulauan Seribu Jakarta.
[Abdul Wahid]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kaidah Penulisan Arab Melayu

Biografi, Karya, dan Pemikiran Abdul Rauf Al-Singkili

Ringkasan novel Edensor