MTQ UNS 2013 Diharapkan Menghasilkan Mahasiswa Qurani


SOLO, muslimdaily.net -Musabaqah Tilawatil Qur’an  Universitas Sebelas Maret (MTQ UNS) tahun 2013  yang diselenggarakan oleh Jamaah Nurul Huda Unit Kegiatan Mahasiswa Islam Universitas Sebelas Maret Surakarta (JN UKMI UNS) telah usai. Penutupan lomba ditandai dengan penyerahan hadiah oleh Hermawan selaku Kepala Biro Mahasiswa UNS (KabiroMawa), Selasa sore (23/04).
Gelaran tahunan yang mengambil tempat di Ruang Diskusi NH, Ruang Seminar NH, dan Masjid Nurul Huda ini diikuti 109 mahasiswa/i Islam yang berlomba di ajang Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an, Tafsir Al Qur’an, tahfidz juz 1 dan 30, serta Tilawah.
MTQ UNS 2013 merupakan kegiatan lomba keagamaan yang dilaksanakan di kampus UNS dengan tujuan untuk menjaring dan menyeleksi peserta Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa nasional (MTQ-MN) ke XIII di Padang, Sumatera Barat.
Selain untuk menyeleksi kontingen dari UNS di ajang MTQ MN ke XIII, perlombaan 'olimpiade' Al-Qur’an ini juga bertujuan untuk membumikan syiar-syiar Al-Qur’an di kampus UNS serta memberikan berbagai aspek dan wadah pembelajaran Al-Qur’an.
Hermawan mengatakan dalam sambutan pada acara penutupan, sang juara satu akan dikirim ke Padang untuk mengikuti lomba MTQ Nasional di Padang. Sementara yang juara 2 kalau memenuhi persyaratan juga akan diikutkan lomba MTQ Nasional.
Di ujung penutupan. Hermawan berpesan kepada peserta yang belum mendapat juara untuk tidak berkecil hati. Kalah tak mengapa karena niat mengikuti lomba ini adalah ibadah. Menurutnya, yang terpenting adalah amalannya karena yang dilihat oleh Allah adalah amalnya.
Sementara Ketua Panitia MTQ UNS 2013 Rendra Mochtar dalam sambutannya berharap acara ini mampu menghadirkan calon-calon generasi Qur'ani. Rendra menyebutnya sebagai generasi orang-orang yang keren dan gaul. Gaul yang dimaksud merupakan kependekan dari 'Gaya Rasulullah SAW'.
Hal senada juga diungkapkan oleh Puji Hartanto Al-hafidz selaku perwakilan dari dewan juri. "MTQ UNS 2013 ini adalah langkah awal untuk mendekatkan diri kita kepada Al-qur'an karena Allah mengangkat derajat manusia dengan Al-quran dan merendahkan derajat manusia dengan Al-Quran," katanya.
Ia berharap, UNS bisa menjadi tuan rumah MTQ MN pada tahun 2015. "Dengan adanya acara ini diharapkan bisa menjadi ajang uji coba, karena UNS akan menjadi tuan rumah MTQ Nasional pada tahun 2015, tambah Hermawan disela – sela acara penutupan tersebut," pungkasnya. [Wahid/mzf]
Hadiah & Sang Juara
Setiap pemenang lomba mendapatkan hadiah sebesar  Rp 750.000 (Juara 1),  Rp 600.000 (Juara), dan Rp 500.000 (Juara 3).
Berikut daftar para pemenang lomba MTQ UNS 2013:
Juara lomba MTQ UNS 2013 (Putra)

Tilawah
1. Budianto
2. Deddi Darmawan N
3. Muhammmad Roichan Firdaus

Tahfidz juz 1 dan 30
1. Kholid Sibghotullah
2. Ridho Rahmadi
3. Ahmad Falahuddin

Tafsir Bahasa Inggris
1. Shihabudin Rois
2. Taufiq Ahmad
3. Tahan Uji

Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an
1.Lutfi Aditya
2.Adi Sutakwa
3.Nunung Adik P
Juara lomba MTQ UNS 2013 (Putri)
Tilawah qur'an
1. Lutfi Najah Kurnia
2. Najih Fitrah
3. Evia Rahdi Mardani

Tahfidz juz 1 dan 30
1.Syaima karima
2.fathimah
3.Yovita

Tafsir Bahasa Inggris
1. Syifa Nurul
2. Sri Mulyani
3. Wahyu Ardiyanti Woro seto

Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an
1.Inayah Adi Oktaviana
2.Desi Dwi Ratnasari
3.Andita Putri Saragih

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kaidah Penulisan Arab Melayu

Biografi, Karya, dan Pemikiran Abdul Rauf Al-Singkili

Ringkasan novel Edensor