Dubes Arab Saudi Kunjungi UNS Jajaki Kerjasama Pendidikan

SOLO, muslimdaily.net – Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia Mustafa Bin Ibrahim al Mubarak mengunjungi Masjid Nurul Huda yang berada di kompleks Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta pada Rabu (24/04).
Sebelum mengunjungi masjid Nurul Huda, ia mengisi kuliah umum di ruang sidang kantor rektorat UNS bersama mahasiswa jurusan Sastra Arab dan beberapa mahasiswa perwakilan dari Gerakan Menghafal al-Quran UNS (GEMMA UNS).
Mustafa pada kuliah tersebut juga menegaskan Arab Saudi sangat mendukung kemajuan pendidikan di Indonesia. Selama ini pemerintah setempat telah menyediakan sebanyak 250 beasiswa bagi mahasiswa Indonesia untuk belajar di universitas di Arab Saudi seperti ini Universitas Al Qassim, Universitas King Abdul Aziz, dan Universitas Ummul Qura.

Selain memberikan beasiswa kepada mahasiswa asal Indonesia, saat ini Arab Saudi juga telah membangun Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA) di Jakarta.

Bahkan dalam waktu dekat, lanjutnya, mereka akan membangun tiga cabang LIPIA di Medan, Surabaya, dan Makasar. Sebagai bukti, bentuk dukungan Arab Saudi terhadap pendidikan di Indonesia melalui kerjasama pendidikan. Kerajaan Arab Saudi juga mengirimkan tenaga dosen ke Indonesia dan sebaliknya.

Rektor UNS Ravik Karsidi pada kesempatan yang sama mengatakan saat ini UNS telah ada jurusan Sastra Arab di Fakultas Sastra dan Seni Rupa, selain itu juga pusat studi ekonomi Islam serta program S2 Ekonomi Syariah. [mzf/republika]
Acara yang  berlangsung Rabu (24/4) di ruang sidang II rektorat ini dihadiri oleh jajaran pimpinan UNS, mahasiswa dari jurusan hubungan internasional dan mahasiswa dari jurusan sastra arab. Kedua pihak akan segera melakukan tindak lanjut pembuatan nota kesepahaman (MOU) antara dalam bidang pendidikan dan perguruan tinggi. [Abdul wahid/mzf]
Sumber :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kaidah Penulisan Arab Melayu

Biografi, Karya, dan Pemikiran Abdul Rauf Al-Singkili

Ringkasan novel Edensor