Gareng Pung Media Kreatif


Kearifan lokal merupakan satu ciri khas yang hanya dimiliki oleh suatu daerah secara umum maupun secara khusus. Kearifan lokal juga bermakna kecerdasan yang hanya dimiliki oleh suatu daerah dengan berbasis budaya masyarakat setempat. Selain itu, kearifan lokal selalu beranalogi dengan wilayah atau daerah, karena kearifan lokal merupakan sebuah budaya turun temurun yang ada dan diyakini oleh masyarakat setempat. Kita sering terdengar istilah yang identik dengan kearifan lokal seperti “kejawen” (untuk daerah Solo), “Mbanyumasan” (untuk daerah Banyumas), “Cirebonan” (untuk daerah Cirebon), “Semarangan”(untuk daerah Semarang), “mataraman” (untuk daerah Yogyakarta) dan sebagainya. Contoh-contoh tersebut merupakan sebuah analogi tentang esensi yang identik dengan daerahnya, baik itu budaya, bahasa, maupun makanan khas suatu daerah.

Karya sastra atau literasi merupakan salah satu unsur budaya yang bisa dianalogikan dengan asal daerahnya. Kota Solo dan sekitarnya misalnya, daerah ini diidentikkan dengan budaya Jawa atau “kejawen” yang memiliki berbagai karya sastra atau literasi yang menceritakan kekhasan daerah tersebut. Kota Solo dan sekitarnya memiliki varian budaya, wisata, dan makanan tradisional sebagai produk kearifan lokal yang cukup dikenal oleh masyarakat luas. Oleh karena itu, perlu adanya perusahaan yang menerbitkan buku-buku kreatif berbasis budaya lokal, khususnya di kota Solo dan sekitarnya.

Demi mewujudkan impian untuk menerbitkan karya sastra atau literasi kreatif berbasi budaya maka kami membuat konsep usaha berjudul “Garengpung: Penerbit Kreatif Berbasis Budaya Lokal”. Usaha ini merupakan upaya untuk menangkap peluang usaha dengan memanfaatkan karya sastra atau literasi kreatif yang khas, dalam sebuah konsep usaha yang modern. Keunikan usaha ini yaitu karya sastra atau literasi yang selama ini kurang diolah dengan sentuhan kreatifitas dan modernitas akan dikemas dan diolah dengan konsep yang lebih modern, sehingga menarik untuk semua golongan masyarakat, dan lebih memiliki nilai jual atau gengsi.

GarengPung Media Kreatif adalah perusahaan yang bergerak di bidang penerbitan dan distribusi. Perusahaan ini menfokuskan diri untuk memproduksi dan mendistribusikan buku-buku bacaan kreatif yang berbasis pada budaya lokal yang berada di wilayah Solo Raya. GarengPung Media Kreatif didirikan pada bulan Juni tahun 2014 oleh para pengusaha muda yang mempunyai mimpi besar dengan penuh kreatifitas dalam dunia menulis dan penerbitan buku. Kini GarengPung Media Kreatif beralamat kantor di Jalan Melati Nomor 7 Purwosari, Solo, Jawa Tengah, Indonesia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kaidah Penulisan Arab Melayu

Biografi, Karya, dan Pemikiran Abdul Rauf Al-Singkili

Ringkasan novel Edensor