Kutemukan Cinta di Tanah Rantau

Judul: Assalamualaiku Beijing

Sutradara: Guntur Soeharjanto

Salah satu karya dari novelis Asma Nadia kembali diangkat ke layar lebar. Film ini berjudul “Assalamualaikum Beijing” yang diangkat dari novel dengan judul serupa telah tayang sejak akhir tahun 2014. Film religi ini mengisahkan tentang perjuangan mencari cinta sejati dari sang tokoh utama yang bernama Asma.
Diawali dengan kisah pahit Asma sehari sebelum hari pernikahannya. Dia mengetahui kalau calon suaminya, Dewa, telah berselingkuh dengan Anita yang merupakan teman sekantornya. Perselingkuhan antara Dewa dan Anita telah membuahkan seorang janin. Alhasil, dengan kejadian ini membuat Asma memutuskan untuk membatalkan acara pernikahannya. Sedangkan Dewa memohon kepada Asma agar pernikahan mereka tetap dilanjutkan. Namun, Asma tetap pada pendiriannya untuk pergi meninggalkan Dewa.

Kemudian Asma memilih untuk pergi merantau ke Beijing saat ditawai pekerjaan sebagai jurnalis oleh Sekar dan suaminya, Ridwan. Saat menaiki sebuah bus di Beijing, bertemu dengan seorang laki-laki tampan yang Zhongwen. Ia memperkenalkan pada Asma tentang legenda cinta Ashima, putri cantik dari Yunnan.
Seiring berjalannya waktu, kebaikan dan perhatian dari Zhongwen perlahan-lahan meluluhkan tembok pertahanan hati Asma. Namun sayang, Asma terlebih dari terkena APS (sebuah sindrom yang dapat merenggut nyawanya secara mendadak) sebelum hubungan keduanya berlanjut ke hubungan lebih jauh.

Asma sempat berputus asa dan mulai melupakan Zhongwen dengan kembali ke Indonesia tanpa memberi tahunya. Namun, lelaki asal Beijing itu justru memberikan dorongan semangat pada Asma agar melawan penyakit yang dideritanya. Hingga akhirnya penyakit ini membuat Asma menjadi buta. Akan tetapi, Zhongwen tetap bertekad untuk membuktikan cintanya kepada Asma dengan menikahinya. Setelah menikahi Asma, Zhongwen membawa Asma kembali ke Beijing untuk melihat sosok legenda cinta Ashima dan membangun mahligai rumah tangga dengan penuh cinta kasih.  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kaidah Penulisan Arab Melayu

Biografi, Karya, dan Pemikiran Abdul Rauf Al-Singkili

Ringkasan novel Edensor