Salah Fokus

SOLO, Pagi ini cerah. Embun mulai sirna diterpa temaram sinar mentari. Udara pun turut hadir dengan kesejukannya. Lalu lalang anak-anak muda menghiasi gelaran car free day (cfd) di jalan Slamet Riyadi, Solo. Tak sedikit dari mereka yang berkumpul dengan rekan-rekan sekomunitasnya atau sekadar jalan-jalan dan bermain. Seakan-akan semua orang yang ada di cfd merasa gembira. Agar kegembiraan mereka terekam, maka tak sedikit dari orang-orang itu mengabadikan aktivitasnya melalui mata kamera. Satu mata yang mampu menangkap berjuta makna.


Di sekitaran area cfd ada aktivitas segelintir anak muda yang sedang belajar memotret. Tepatnya mereka berada di samping kantor Kalurahan Keprabon, Kec. Banjarsari, Solo. Mereka adalah anggota dari komunitas Soto Babat (sobat)dan akupun turut serta. Tak kurang ada 10 orang yang ikut jagongan tentang fotografi bersama Pak Indrawan di suasana pagi menjelang siang itu.

Jagongan di samping kalurahan Keprabon ini merupakan acara pertemuan Sobat yang ke-7 pada, Ahad (13/03/2016). Banyak ilmu tentang seluk beluk fotografi yang ditularkan oleh Pak Indrawan. Salah satunya tentang pengambilan gambar dengan teknik sepertiga. Yakni teknik memotret untuk mengatur komposisi warna dan fokus objek yang diambil.

Menurutnya, mengambil gambar harus menggunakan sudut pandang yang tepat. Terlebih adalah titik fokus objek yang dipilih. Hal ini agar gambar yang dihasilkan memiliki kualitas yang bagus dan memiliki dapat bercerita.


Selain itu, beliau juga memaparkan tentang cara menganalisis sebuah gambar. Ia mencontohkan dengan menginterpretasikan sebuah gambar iklan HP dengan pendapat pribadinya sebagai seorang fotografer. Di akhir perjumpaan, semua anggota komunitas sobat melakukan foto bersama dengan Pak Indrawan beserta putra-putranya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kaidah Penulisan Arab Melayu

Biografi, Karya, dan Pemikiran Abdul Rauf Al-Singkili

Ringkasan novel Edensor