Pemuda Islam Mengguncang Dunia!





Berikan aku 1000 orang tua, niscaya  akan ku cabut Semeru sampai ke akarnya,…
Berikan aku 1 pemuda, niscaya  akan ku guncang dunia,..!
(Bung Karno)
            Untaian kata mutiara yang diucapkan oleh sang Bapak proklamator kemerdekaan Republik Indonesia di atas telah membakar semangat para generasi muda penerus dakwah islam yang berada dibawah naungan Yayasan Majlis Tafsir Al-Qur’an (MTA) sekarang ini. Banyak event dakwah yang digagas oleh Yayasan Majlis Tafsir Al-Qur’an pada saat ini mulai digawanggi oleh para pemuda - pemudi baik itu yang berskala nasional maupun regional.
            Dengan semangat sang Bapak proklamator kemerdekaan itulah kami para Pemuda - pemudi MTA Cab. Kerjo Perw. Karanganyar memberanikan diri untuk tampil dan menyuguhkan sebuah kegiatan Training Pemuda MTA dengan mengambil tema “Eksistensi Pemuda dalam Mengarungi Dakwah” yang diselenggarkan pada 25 Juni – 9 Juli 2012.
            Acara yang diawali dengan kegiatan lomba menulis Essay, Puisi dan Cerpen pada tanggal 25 – 30 Juli 2012 tersebut disambut dengan sangat antusias oleh para Pemuda – pemudi MTA yang berada di MTA Cab. Kerjo 1, Kerjo 2, Kerjo 3, Mojogedang I (Munggur), Mojogedang II (Pojok), Mojogedang IV (Gondangjagir), dan Kedawung IV (Mojodoyong). Hal ini terlihat dengan banyaknya naskah lomba menulis yang masuk kepada panitia kegiatan.
            Pada tanggal 27 Juni 2012 tepat pukul 08.00 WIB diselenggarakan lomba mewarnai (TK – SD Kls. 3) dan mengambar (SD Kls. 4 - 6) yang diikuti oleh lebih dari 50 santri TPA MTA baik putra maupun putri. Dalam  kegiatan ini juga terlihat sangat menarik dengan hadirnya peserta dari luar kecamatan Kerjo yang malah lebih mendominasi dalam perebutan hadiah juara dan tampil sebagai juara lomba mewarnai juara 1 (Yasrin Khoiri Aryana) juara 2 (Berliana) juara 3 (Riska Ayu Octavian)dan juara lomba mengambar juara 1 (Dian Pratiwi) juara 2 (Siti Wulandari) juara 3 (Anida Nur Arifah). Setelah usai mengadakan kegiatan lomba mengambar dan mewarnai dilanjutkan dengan lomba bulutangkis dan Futsal antar pemuda 7 cabang MTA yang masih serumpun dengan MTA Cabang kerjo pada tanggal 30, 31 juni dan 1 juli 2012. Untuk pertandingan Badminton mengambil tempat di Aula MTA Cab. Kerjo yang mempertemukan 16 tim dan tampil sebagai juara 1 dan 2 adalah MTA Cab. Mojogedang 1 (Munggur) dan MTA Cab. Kerjo 1. Sedangkan untuk pertandingan Futsal diselenggarakan di lap. Futsal Sidodadi yang mempertandingkan 7 tim dan tampil sebagai juara 1 adalah MTA Cab. Mojogedang 1 (Munggur) disusul MTA Cab. Kerjo 2 sebagai juara 2.
            Setelah kegiatan milik pemuda telah usai sekarang gilirannya lomba miliknya para pemudi MTA cabang kerjo. Dalam kegiatan keputrian ini mempertandingkan para pemudi antar kelompok kajian untuk mengadu kreatifitas mereka dalam lomba memasak (Selasa, 2 Juli 2012), lomba mendaur ulang barang bekas (Rabu, 3 Juli 2012) dan juga lomba yang mengadu kekompakan antara ibu dan anak yakni lomba bakiak (Jum’at, 6 Juli 2012).
Setelah berbagai macam lomba baik olahraga maupun kreatifitas telah usai dilanjutkan dengan acara training pemuda MTA (MABIT dan Outbond) yang dimulai pada hari sabtu pukul 02.30 WIB. Setelah seluruh peserta selesai registrasi ulang maka sholat ‘ashar pun didirikan. Sehabis sholat ‘ashar acara kajian kepemudaan yang diampu oleh Ust. Drs. Emut khoiri, Msi pun di mulai dengan penyajian yang sangat menarik bagi para pemuda – pemudi yang mengikuti kegiatan training tersebut. Acara tersebut berakhir setelah terdengar adzan magrib dan setelah sholat magrib dilanjutkan Qiro’ah 1 juz setelah itu makan malam. Sehabis sholat isya’ acaranya dilanjutkan dengan pengisian oleh ketua MTA Perwakilan Karanganyar Ust. Sunarno, S.Sos, M.Hum. Sekitar pukul 21.00 WIb pengisian dari ketua MTA perwakilan telah usai dan dilanjutkan dengan pengisian dari pihak kepolisian yang membahas tentang KANTIBNAS yang di isi dari POLSEK Kec. Kerjo.
            Keesokan harinya setelah sholat shubuh diselenggarakan kajian Keislaman di masjid desa bligo (satu desa dgn majlis) bersama warga desa setempat. Sekitar pukul 05.30 WIB olahraga pagi pun dimulai sampai dengan jam 07.00 WIB. Setelah selesai sarapan pagi para peserta dibagikan kaos berwarna unggu yang bertuliskan training pemuda MTA 2012 dan menjadi tanda bahwa acara Outbond akan segera dimulai.
Mengambil start di MTA Cab. Kerjo para peserta langsung digiring menuju hutan Karet yang terletak tak jauh dari lokasi pemberangkatan. Disana peserta putra (putra – putri beda jalur) di ajari bagaimana caranya tali temali. Setelah itu dilanjutkan dengan game – game seru yang mengundang tawa para peserta. Karena baju peserta pada kotor maka perjalanan pun dilanjutkan untuk menyusuri sungai sepanjang 4 Km. disitu peserta diberi berbagai permainan yang mengasyikan. Setelah sekitar 2 jam perjalanan menyusuri sungai sampai para peserta di tempat finis yakni di kedung ngantenan disitu peserta disuruh untuk istirahat dan juga diberi materi rescue oleh para anggota REMTA (Rescue MTA) Karanganyar. Seusai makan siang di tempat istirahat tadi para peserta pun langsung suruh untuk menaiki truk dan bagi tim REMTA menaiki mobil jep yang telah disediakan panitia untuk langsung menuju MTA Cab. Kerjo yang berjarak sekitar 10 Km dari lokasi tersebut. Akhirnya, sampai lah para peserta putra di majlis dan acara selanjutnya adalah evaluasi kegiatan. Dalam acara ini peserta dihimbau untuk menuliskan pesan kesan untuk kegiatan ini. Setelah selasai menyampaikan pesan kesan diselembar kertas maka pak Yanto (Ketua Panitia) mengatakan “mari kita akhiri dengan bacaan hamdallah,…” disambung dengan berjabat tangan antar peserta dengan panitia dan itu berarti menandakan bahwa acara pada hari ini telah usai.
            Senin, 9 Juli 2012 di MTA Cab. Kerjo mulai pagi hari telah banyak orang yang berlalu lalang dengan membawa berbagai peralatan untuk memeriahkan acara seminar regional dengan tema “Eksistensi Pemuda dalam Mengarungi Dakwah” yang mengahadirkan Setyawan Jayantoro, S.Sn (Sekretaris Umum Kepemudaan Pusat) sebagai narasumber pada kegiatan tersebut.

      Acara yang mulai pada pukul 14.15 WIb itu diawali dengan lantunan musik nasyid yang dipersembahkan oleh Mas Ari ismail dan kawan – kawan yang tergabung dalam group nasyid “Sabillun Najah” dan berhenti sekitar pukul 15.00   WIB. Seusai sholat ‘Ashar acara pun dilanjutkan kembali dengan sambutan – sambutan. Untuk sambutan yang pertama disampaikan oleh ketua panitia kegiatan Training Pemuda MTA 2012 (ahmad Tarwiyanto) yang sekaligus sebagai laporan kegiatan yang telah terlaksana sejak tanggal 25 Juni sampai 9 Juli 2012. sambutan yang kedua disampaikan oleh KAPOLSEK Kecamatan Kerjo yang dalam sambutannya ia sangat mengapresiasi acara tersebut dan ia juga menghimbau kepada warga MTA untuk tetap menjaga KANTIBNAS terutama di wilayah kec. Kerjo. Sambutan terakhir dari pengurus MTA Perw. Karanganyar yang dalam kesempatan ini disampaikan oleh Ust. Sanusi yang dalam sambutannya ia memyampaikan kiat – kiat menjadi pemuda ISLAM yang Sejati.



Sekitar pukul 16.00 WIB acara sambutan pun telah usai dan acara inti pun segera dimulai oleh sang pembicara (Mas Toro). Beliau menyampaikan pentingnya peran pemuda dalam mengarungi dunia dakwah terutama di yayasan MTA ini dan beliau juga menyampaikan berbagai masalah tentang kepemudaan yang ada di majlis untuk menjadi renungan bagi semua warga MTA supaya mendorong para putra – putrinya untuk mengiatkan diri di dunia dakwah ini. Pungkasnya.
Jam telah menunjukan pukul 17.00 Wib maka pengisian seminar oleh mas toro pun telah usai dan disambung dengan penampilan musik nasyid acapela yang dibawakan oleh group nasyid “Sabilun Najah” dan juga pembagian hadiah untuk juara baik perlombaan olahraga maupun kreatifitas yang sekaligus sebagai penutup acara.(Abdul Wahid)









                                               

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kaidah Penulisan Arab Melayu

Biografi, Karya, dan Pemikiran Abdul Rauf Al-Singkili

Ringkasan novel Edensor